[Tutorial] Making Sad-Romance Poster FF

#1st Photoshop Tutorial : Making Sad-Romance Poster

preview

Originally by. Nissa Tria (Miss Glace)

~.~

Only posted on :

Glace’s Personal Blog

Warehouse of Fan Fictions

Pastry Café

~.~

BIG NO TO SILENT READER, PLAGIATOR, and COPYCAT.

DON’T RE-POST, WITH or WITHOUT CREDIT.

Don’t forget for leave a comment or click the “like” button.

Wanna share? Just click the “re-blog”, “twitter”, or “facebook” button, please.

~.~

Annyeong haseyo! || Hello! || Bonjour!

            Lama enggak post sesuatu yang kece berguna, sekarang Glace mau kasih kalian tutorial sederhana bikin poster FF yang katanya genrenya itu sad-romance. Sebenernya sih Glace tadinya mau bikini tutorial poster FF yang “change” itu, soalnya poster itu paling kece Glace suka pewarnaanya, tapi gegara Glace lupa psd mana yang Glace pake buat poster itu, jadilah yang ini aja. Muehe(?)

Well, let’s start!

Material :

  • Artist(s) :
  1. Ulzzang Park Hyojintumblr_m05aokm8Xq1r0294go1_500
  2. Ulzzang Park Hyungseokcute-kfashion-korean-park-hyung-seok-red-hair-ulzzang-Favim.com-74725
  • Texture(s) :
  1. Texture 1black_grunge_texture_1_by_caoticgirl
  2. Texture 23 s17
  3. Texture 3h4e9m1o1vlvjpu3igf5scql91351402a972b766
  4. Texture 4texts-flow
  5. Texture 5h4e9m1o1vlvjpu3igf5scql91351402ed13fbd3
  6. Texture 6sl-2
  • PSD(s) :
  1. Calm Boys PSD by. Kak Vania
  2. Peaceful Dust by Kak Vania
  3. PSD 1 by valse
  4. PSD 14 by Mimko98

(PS. Cari dua PSD terakhir itu di Google ya, Glace lupa link-nya._.V)

Steps :

1. First of all, tentunya kalian harus membuka software photoshop punya kalian, versi berapa pun itu. Glace pakenya photoshop 8.0. Jadul ya? Iya tau, habisnya kakakku itu gak kunjung ngebeliin aku kaset(?)nya masa -_-

Kenapa? Kenapa gak ada screencap ngebuka software photoshopnya? Males -_- lagian pasti udah pada tahulah gimana cara buka aplikasi.

2. Udah dibuka photoshopnya? Sekarang kita buat lembar kerja baru! Caranya? Cukup tekan Ctrl+N di keyboard, setelah itu maka akan muncul kotak dialog, lalu atur ukurannya dan klik “OK”! Kurang jelas? Liat screencap di bawah yu(?)#1

3. Sudaaah? Nah, sekarang mari kita buka gambar yang mau diedit. Pertama, kita buka dulu gambar si Hyojin sama Hyngseok, kalo texture belakangan aja. Caranya? Tekan Ctrl+O pada keyboard, lalu pilih gambar si artis, dan tekan OK!

4. Lalu, biar nanti warnanya pas dan merata(?) kita ubah semua gambar jadii hitam-putih. Caranya? Lihat screencap di bawah~ (lakukan hal yang sama untuk gambar Hyungseok)#2-1

Nanti kan bakal ada dialog “discard” (seperti gambar di bawah ini) klik aja OK gitu, ara?#2-2

5. Nah, berhubung di posternya dua ulzzang ini mau dibuat saling memunggungi, jadi gambar Hyojin kita balik gitu biar gak gosong. Caranya? Lihat screencap di bawah~~ (jangan lakukan ini pada gambar Hyungseok biar dia gosong)#3

6. Syudaaah??? Saatnya kita seleksi gambar dua ulzzang ini! Kali ini kita pake elliptical marque tool yang feather-nya sudah diatur menjadi 75px. Kenapa? biar sisi-sisinya nge-blur/transparan gitu, juga biar nanti mudah di-blend dengan gambar lain dan mudah dihapus.

Perhatiin screencap di bawah!#4-1

Dan ini adalah hasil setelah pake tool itu~~~ (lakukan hal yang sama pada gambar Hyungseok)#4-2

7. Lalu, .. lalu, .. drag kedua layer tersebut ke lembar kerja yang tadi udah dibuat. #5-1

8. Dan hapus hal-hal mengganggu(?) dengan eraser tool. Jangan lupa atur opacity/flow-nya. Lihat screencap di bawah!#5-2

9. Lihat deh *tunjukgambar di poin 7*. Itu background-nya si Hyungseok enggak banget -_- warna gelap, kan susah ngehapusnya, takut gagal gitu u_u. Terus gimana dong? Nah, di sini Glace punya tips gitu buat kalian yang kesusahan di step ini.

Mari kita buka texture 1 yang hitam itu dengan cara di poin 3, lalu drag layer-nya ke lembar kerja. Posisikan texture itu di bawah gambar ulzzang. Karena warnanya masih hitam pekat dan belum menyamai background-nya si Hyungseok, jadilah harus diatur opacity-nya sampai menyamai background-nya si Hyungseok.

Atur seperti screencap di bawah ini;#6-1

Dan … taraaa~~~ ini hasilnya#6-2

Hampir sama dengan background-nya si Hyungseok kan? Keke~~~ karena belom sama betul, jadi tinggal dihapus aja deh sampe nyaris sama warnanya. Ingat ya, ngehapusnya harus pelan-pelan, jangan buru-buru, nanti takutnya gambar si Hyungseok jadi jelek.

10. Texture 1 sudah dipakai, saatnya pake texture yang lainnya. Semua texture-nya berjumlah 6. Oke, Glace tau ini maruk, tapi kan memang gini Glace kalo bikin poster, pake banyak bahan.

Seperti biasa buka dulu file-nya, tapi jangan langsung drag gitu aja. Kalian harus memakai cara di poin 4 dan 6. Setelah itu barulah atur posisi yang tepat untuk peletakan texture yang banyak itu. Kalo yang punya Glace sih, setelah diatur-atur posisinya menjadi seperti ini~~#7

Kenapa? Kenapa Glace gak kasih screencap pas masukin texture-nya satu persatu? Soalnya takut kebongkar rahasia Glace dalam bikin poster kalo nambahin texture ini gak ada teknik khusus kok, kecuali di nyeleksi gambarnya. Kamu harus pinter-pinter nyari suatu hal yang keren dan menarik dari texture itu, baru deh entar drag ke lembar kerja. Oh iya, semua texture mode-nya sama, yaitu normal, dan opacity-nya tetap 100%, juga jangan lupa untuk menaruh texture itu di bawah gambar cast ya, biar gak menutupi gitu.

11. Dan ini adalah hal yang paling penting, pemirsah. Yup! Penambahan tulisan-tulisan gaje, semacam judul FF, quotes, nama author/artworker, atau mungkin signature. Diletakan sesuka hati, kalo Glace sih gini:#8

Di screencap kurang jelas nama font-nya? Berikut daftar nama font-nya :

  • “ : Chopin Script
  • Quotes : Drawing of a New Day
  • Servant of : Castro Script
  • Evil : Times New Roman
  • Aysesa Storyline : Ekologie Hand

12. Sudaaaah??? Saatnya pake PSD!!! Aku itu pake empat psd yang berbeda, dari tiga artworker yang berbeda. Maruk? Biarin😛

Ada yang belom tau gimana cara pake PSD? Yuk, cek screencap di bawah;#9-1 #9-2

Dan ini hasilnyaaa~~~~#9-3

Biar warnanya sama kayak yang di atas, urutannya (dari atas ke bawah) Calm Boys PSD by. Kak Vania ~> Peaceful Dust by Kak Vania ~> PSD 1 by valse ~> PSD 14 by Mimko98.

11. The last step, pemirsah! Kyaha~~~ saatnya menyimpan poster FF ini ke dalam format *.png, atau mungkin *.jpg/jpeg. Tapi kalo Glace pribadi sih lebih suka pake format *.png, hehe … Glace juga suka bikin copy-nya gitu dalam format *.psd, biar bisa diedit lagi lain waktu kalo misalkan minta redo atau kurang puas aja.

Belom tau caranya nyimpen gambar? Aigoo~~ udik banget deh

Caranya cukup tekan Ctrl+S pada keyboard, lalu ikuti step di bawah ini :#10-1 #10-2

Dan~~~ voila! Jadilah poster sad-romance ala chef Glace ulala, pemirsah!

servant-of-evil

Kyahaha~ kece mudah, kan? Atau ada yang belom ngerti? Tanyain aja di kolom komentar step mana yang belom dimengertinya, ara? Atau mungkin ada yang udah nyobain? Share link-nya di kolom komentar, yu, nanti Glace kasih penilaian *hallah*

Warm love,

Nissa Tria/Glace

35 responses to “[Tutorial] Making Sad-Romance Poster FF

Speak Out!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s